Rabu, 31 Juli 2013

30 Hari Mengejar Keio Part 3a : International Test (TOEFL)



Lanjutan dari postingan sebelumnya, kali ini saya mau bahas hal lain yang harus diurus untuk mendaftar ke Keio University, yaitu TOEFL dan GRE.

Writer’s Note : seperti biasanya karena post nya bakalan panjang jadi akan saya bagi jadi beberapa post dan maklum aja ya kalo ada curhat-curhatnya dikit.  
 TOEFL (Test Of English as Foreign Language) dan GRE (Graduate Report Examination) diselenggarakan oleh 1 organisasi yang sama yaitu ETS (Educational Testing Service), tapi di Indonesia (mungkin di Negara lain juga) teknis TOEFL dan GRE ditangani pihak yang berbeda. TOEFL biasanya ditangani oleh tempat kursus bahasa inggris yang sudah bekerja sama dengan ETS jadi pilihan lokasi tes di Indonesia sangat banyak (Bandung aja ada 3-4 lokasi tes), sementara GRE ditangani oleh IIEF yang ada di Jakarta, otomatis lokasi tes hanya ada di Jakarta. Nah, saya jelaskan mulai dari TOEFL dulu


Kalo TOEFL pasti kamu udah pernah denger kan? TOEFL adalah tes untuk mengukur kemampuan kamu dalam mengerti dan menggunakan bahasa inggris pada level universitas. Tes ini mengevaluasi kemampuan kamu dalam membaca, menulis, mendengarkan dan menulis dalam bahasa inggris untuk menyelesaikan tugas akademis. 

TOEFL iBT dibagi jadi 4 sesi yaitu
  • Reading => Menguji kemampuan kamu memahami sebuah artikel, yang ditanyakan misalnya ide pokok artikel, ide pokok paragraf, melengkapi paragraf, artian atau padanan kata dst.
  • Listening => Menguji kemampuan kamu memahami sebuah dialog, bentuk dialognya bisa dialog antara 2 orang, diskusi kelompok, penjelasan dari seseorang atau narasi. variasinya. Yang ditanyakan adalah ide pokok dialog, ekspresi dalam dialog, informasi tertentu dari dialog, dst
  • Speaking => Menguji kemampuan kamu menyampaikan ide secara langsung. Pada sesi ini ada beberapa variasi yaitu, kamu harus memilih 1 hal dari 2 pilihan kemudian menjelaskan alasanmu, kamu harus mengutarakan pendapat kamu mengenai suatu masalah, kamu akan membaca 1 artikel singkat dan mendengar dialog pendek yang berhubungan dengan artikel tersebut kemudian menjelaskan hubungan antara keduanya, dst.
  • Writing => Menguji kemampuan kamu menyampaikan ide secara tertulis. Sebenarnya tidak jauh beda dari sesi Speaking, sesi ini juga ada beberapa variasi yaitu, kamu harus menjelaskan pendapat kamu mengenai suatu masalah, kamu akan membaca 1 artikel singkat dan mendengar dialog pendek yang berhubungan dengan artikel tersebut kemudian menjelaskan hubungan antara keduanya, dst. Bedanya ya di sesi ini kamu harus menulis.

Contoh soal TOEFL bisa kamu liat disini
Biaya TOEFL bisa kamu liat disini. Rentangnya 160-250 dollar, kalo di Indonesia test Oktober 2012 kena 1.7 juta rupiah (hasil dikirim ke rumah dan ke institusi sesuai request kamu). Kamu bisa bayar pake kartu kredit atau pake voucher online. Kalo misalnya kamu mau bayar pake voucher kamu bisa nanya ke "dhona@itc-indonesia.com" mengenai harga n ketersediaan voucher, mau nanya jadwal dan lokasi test juga bisa sih.

Segini dulu tentang TOEFL, cerita GRE bisa kamu baca di post berikutnya 

0 yang komentar: