Senin, 03 Juni 2013

Electrical Engineering Day 2013 (part 4)



Di post sebelumnya saya udah nambahin review 5 buah karya di EE Day 2013, sekarang saya mau review 5 karya lainnya. (intronya masi tetep coppas dari post sebelumnya).
Writer’s note : ga semua karya saya post disini karena emang ga semua stand saya datengin, selain karena ini berdasarkan pemahaman dan pandangan subjektif jadi tolong kasi tau saya kalo ada yang salah, termasuk nama bener topik TA nya dan anggota timnya.

1.     Robotina alias robot ikan. Sesuai namanya Robot yang panjangnya sekitar 1 meter ini bisa berenang di air. Walaupun di EE Days ga bisa didemoin tapi udah ada video yang membuktikan kalo robot ini ga tenggelam kalo dimasukin ke air dan bisa bergerak secara 3 dimensi (maju, kanan, kiri, atas, bawah) sambil menerima perintah dari PC/latpop yang udah dikoneksikan pake wireless (bisa pake smartphone juga kalo smartphone udah terkoneksi sama PC nya) tapi jangan dibayangin robotina udah bisa lompat keluar dari air kaya lumba-lumba ya.

 
Yang oranye itu Robotina, kalo yang item itu pendahulunya

2.   Cloud robotic. Salah satu media narsis pejuang Juli di aula timur. Sistem kendali jarak jauh robot menggunakan internet wireless. Robot ini punya 2 fungsi yaitu fungsi crowd detection dan interaction. Untuk crowd detection, robot ini bisa mengetahui apakah orang yang berdiri didepannya itu sendirian atau tidak, kalo orang itu tidak sendirian robot akan bergerak mendekati. Nah kalo interaction ini kamu bisa ngasi perintah (command suara) ke robot melalui laptop, dan entah dasarnya narsis atau apa, interaksi yang dilakukan robot adalah memotret orang didepannya lalu diupload ke facebook.

 
Robot yang dipake sebagai platform

3.    Future kindergarten. Sistem untuk mengawasi sebuah kindergarten dimana orang tua anak bisa ikut memantau kegiatan anak. Sistem ini punya kemampuan untuk mengenali orang-orang (guru dan anak-anak) yang tertangkap kamera, serta mengetahui posisi setiap orang. Data itu kemudian dikirim ke gadget orang tua anak-anak tersebut.

 
Anak kecil lagi nyobain Future Kindergarten 

4.    Design IC untuk Noise canceling. Ini termasuk TA yang sulit saya pahami, wajar sih karena TA ini sampe dikirim ke jepang buat lomba dan menang. Kira-kira cara kerjanya adalah menerima inputan suara (sinyal analog) kemudian di digitalisasi untuk menghilangkan noise yang ada. Sejauh ini baru di simulasikan di Spice karena ITB belum punya board yang mendukung percobaannya.

Empunya TA lagi menjelaskan topik TAnya

5.  Sistem keamanan untuk Voip. Satu lagi topik TA yang sulit saya pahami walaupun udah nonton sidangnya. Intinya agar tidak ada orang ketiga yang mengetahui isi dari pembicaraan (informasi) yang dilakukan oleh 2 orang. Yang membuat sistem ini berbeda dari sistem yang lain adalah sistem ini adalah tidak menggunakan server dan demi tujuan keamanan maka kenyamanan user harus dikurangi.

 
Ga ada foto programnya, cukuplah foto yang bikin

Okeh, review kali ini emang sangat belepotan karena saya ga sepenuhnya ngerti n bisa menjelaskan karya-karya mereka. Kalo mau nambahi atau ngoreksi dipersilahkan. Btw, masih ada review karya berikutnya, jadi jangan bosan ya.

Untuk part 1 bisa dilihat disini
Untuk part 2 bisa dilihat disini
Untuk part 3 bisa dilihat disini
Untuk part 5 bisa dilihat disini

0 yang komentar: