Minggu, 02 Juni 2013

Electrical Engineering Day 2013 (part 1)



Tanggal 30-31 Mei 2013 saya dateng ke acara Electrical Engineering Days yang diselenggarakan oleh Prodi Elektro ITB. Isi kegiatannya itu talkshow/seminar, pameran karya dan yang paling penting sidang tugas akhir S1 elektro. Yah ga perlu saya bahas masalah sidang TA disini lah ya, sidang juga cuma kaya gitu-gitu aja kok, stengah jam presentasi, setengah jam tanya jawab, dan setengah jam demo. Yang menarik adalah ada sekitar 30 buah karya keren dari mahasiswa S1 dan S2 Elektro ITB, nah postingan kali ini saya mau bahas beberapa karya yang saya liat. 

Writer’s note : ga semua karya saya post disini karena emang ga semua stand saya datengin, selain karena ini berdasarkan pemahaman dan pandangan subjektif jadi tolong kasi tau saya kalo ada yang salah, termasuk nama bener topik TA nya dan anggota timnya.

Langsung aja nih review karya yang muncul di EE Days 

1.      Sistem kendali lampu jalan. Kalo udah diaplikasikan di jalan raya, kamu bakal berasa main film kalo lagi nyetir di jalan raya malem-malem dan ga ada kendaraan lain. Kenapa ? karena sistem ini bertujuan menghemat listrik yang digunakan untuk lampu jalan, jadi kalo ga ada mobil yang lewat lampu jalan akan padam, tapi begitu sensor mendeteksi ada mobil yang lewat maka lampu jalan berikutnya akan menyala sementara lampu jalan yang udah dilewati akan padam. Seolah lampu jalan bergerak mengiringi mobil kita yang berjalan sendirian di malam hari
 
 Ini cuma peraganya aja, bukan sistem sebenarnya

2.     Sistem penggantian batere mobil listrik. Kira-kira konsepnya sama dengan beli air minum galonan atau LPG. Kamu nukerin betere mobil listrik kamu yang udah hampir habis dengan batere yang udah terisi penuh, nanti batere yang hampir habis itu akan di charge untuk ditukar lagi dengan batere lain. Bedanya dari beli LPG adalah sistem pertukarannya udah ga pake tenaga manusia, udah ga perlu capek-capek bongkar pasang dan menggotong batere, cukuplah mesin yang ngelepas batere mobil terus menggantinya dengan batere lain yang masih penuh.

3 meja yang melambangkan mobil, penukan baterai dan tempat penyimpan baterai

3.      Oktorotor. TA ini meneruskan proyek yang udah dimulai sekitar 2-3 taun yang lalu. Setiap tahun mengembangkan bagian yang berbeda dari oktorotor. Untuk tahun ini yang dikembangkan adalah kemampuan navigasi dan pengenalan objek. ya, oktorotor ini ditujukan untuk mengikuti suatu objek yang ada di tanah, misalnya mobil. Yang cukup disayangkan adalah selama 2 taun ini, saya belum pernah melihat uji terbang oktorotor ini. 

Oktorotor

4.     Running text untuk informasi jalan. Yang saya tangkap ini adalah sistem informasi kondisi jalan berbasiskan internet menggunakan media running text. Jadi kita tinggal online pake hape (udah ada aplikasinya), milih lokasi running text yang kita mau, terus tulis apapun (misalnya ada kecelakaan, hati-hati, dll), ntar tulisan itu bakal muncul di running text yang kamu mau. Selain ngetik kita juga bisa milih ikon yang udah disediain di aplikasi itu. Satu saran aja, Jangan berikan teknologi pada polisi muda yang lagi galau 

Bayangkan status galau kamu dibaca semua orang yang lewat

5.      Brain signal. Assistive Technology untuk orang-orang yang mengalami keterbatasan fisik, misalnya kelumpuhan atau kehilangan tungkai. Sistem ini bisa membaca sinyal listrik yang dihasilkan oleh otak manusia kemudian menerjemahkannya kedalam sebuah informasi. Selanjutnya informasi tersebut akan diolah oleh komputer dan digunakan untuk melakukan suatu kegiatan Sejauh ini sistem ini sudah bisa digunakan untuk mengeja kata dan menggerakkan manipulator.

 Itu alat untuk baca sinyal otak

  
Manipulator yang digunakan

Cukup 5 dulu untuk review kali ini, nanti bakal ada part 2 dan selanjutnya untuk review karya-karya yang lain.

untuk part 2 bisa dilihat disini
untuk part 3 bisa dilihat disini
untuk part 4 bisa dilihat disini
untuk part 5 bisa dilihat disini 

0 yang komentar: