Minggu, 02 Juni 2013

Electrical Engineering Day 2013 (part 2)



Di post sebelumnya saya udah review 5 buah karya di EE Day 2013, sekarang saya mau review 5 karya lainnya.

Writer’s note : ga semua karya saya post disini karena emang ga semua stand saya datengin, selain karena ini berdasarkan pemahaman dan pandangan subjektif jadi tolong kasi tau saya kalo ada yang salah, termasuk nama bener topik TA nya dan anggota timnya.

1.    3D face recognition. Face recognition udah biasa ? ga juga sih kalo kamu ngomongi karya yang satu ini. Face recognition biasanya memiliki keterbatasan yaitu wajah yang mau dikenali harus berada pada posisi yang sama persis dengan wajah-wajah yang ada di database. Nah sistem face recognition yang ini cukup fleksibel dimana sistem ini bisa mengenali wajah orang walaupun posisi wajah orang tersebut miring (ga sama persis dengan posisi wajah di database). Apa rahasianya ? sistem ini bisa memperkirakan wajah orang yang ga tertangkap kamera dengan menduplikasi bagian wajah yang tertangkap kamera. Gampangnya kalo kamu noleh agak ke kanan, sistem ini bisa meng copy gambar wajah sebelah kiri kamu, me-mirror-kan nya lalu mem paste gambar tersebut ke wajah sebelah kanan

Tampilan alatnya
 Tampilan program yang sedang berusaha mengenali wajah
 .
2.   Sistem promosi pariwisata berbasis internet. Agak mirip dengan tugas PLO saya 4-5 taun yang lalu yaitu Sistem Informasi Pariwisata, bedanya adalah punya saya cuma konsep sementara yang ini udah direalisasikan. Ide dasarnya adalah promosi dan informasi pariwisata yang tersimpan di komputer server akan dikirimkan ke receiver yang terhubung ke layar kemudian ditampilkan di layar tersebut. Satu server bisa menangani beberapa layar sehingga masing-masing layar bisa menampilkan hal yang berbeda. Poin yang menarik adalah admin bisa mengatur tampilan di setiap layar menggunakan smartphone, tinggal login, pilih layar yang mau diatur, atur-atur ini itu, tunggu server upload data dan voila, tampilan berubah.
Di belakang kedua layar itu ada receiver

3.     Kursi pengukur detak jantung. Tingkat kesehatan dan kebugaran seseorang bisa diindakasikan dengan detak jantungnya, katanya sih begitu. Nah dengan sistem ini kamu bisa tau kamu sehat atau ngga hanya dengan duduk manis di kursi yang udah disediakan. Ga perlu nempelin tangan ke dada, leher atau pergelangan, duduk dan nyender aja nanti detak jantung kamu akan ditampilkan di layar komputer didepan kamu. Tapi ada satu hal yang ga boleh kamu lakukan sewaktu nyoba kursi ini, yaitu bicara. Kenapa ? karena sensor yang digunakan adalah mic yang ditempel disandaran kursi. Kalo kamu bicara sambil nyender, alih-alih mendengar detak jantung si mic malah mendengar curhatan kamu.
Itu Andi lagi demo alatnya, bukan lagi narsis

4.  Manipulator panas untuk tank. Sebuah tank bisa berubah menjadi mobil bahkan menghilang. Transformer ditambah mirage colloid ? errrr, teknologi kita belum sampa secanggih. Berubah jadi mobil dan menghilang yang saya maksud disini adalah berubah dan menghilang dimata sensor panas atau thermal vision. Thermal vision bisa menemukan tank yang tersembunyi di kegelapan dengan membaca perbedaan suhu tank dengan lingkungan sekitarnya. Sistem ini terdiri dari papan-papan berukuran sekitar 10x10cm yang ditempelkan di permukaan tank, papan-papan ini bisa mengukur suhu lingkungan kemudian menyamakan suhu papan dengan suhu lingkungan yang terukur. Hasilnya adalah thermal vision ga bisa menemukan perbedaan suhu antara tank dengan lingkungan. Jadi gimana caranya tank bisa berubah jadi mobil ? 

Papan kotak warna item itu alatnya

5.   Sistem kendali lampu merah. intinya adalah kamu bisa ngatur durasi lampu lalulintas berdasarkan kepadatan lalu lintas di sekitar lampu. Ini salah satu TA yang menggunakan PCD juga karena deteksi kepadatannya menggunakan image recognition dimana sistem akan mengenali mobil dan motor yang terekam kamera lalu menghitung jumlahnya. Kalo sistem mendeteksi ada banyak kendaraan yang lewat maka durasi lampu hijau akan diperlama, sebaliknya bila hanya sedikit kendaraan yang terdeteksi durasi lampu merah yang diperlama. 

Ini peraganya aja ya

Nah, sudah ada 5 karya lagi yang di review disini. Posting selanjutnya akan membahas 5 karya lagi

untuk part 1 bisa dilihat disini
untuk part 3 bisa dilihat disini
untuk part 4 bisa dilihat disini
untuk part 5 bisa dilihat disini

0 yang komentar: