Sabtu, 29 Juni 2013

Tentang Mendaftar S2 (part 1)



Baru aja ditanyain temen kosan tentang S2, baru selesai tingkat 2 tapi udah kepikiran mau S2 aja, beda banget sama saya yang baru kepikiran S2 setelah lulus.

Sebenernya udah banyak banget sih blog yang bahas tentang nyari S2 n beasiswanya, tapi gpp deh ikutan nulis juga biar makin banyak masukan buat para pencari ilmu *tsaaah bahasanya

Ohiya, disini ga bahas step-by-step pendaftaran di universitas maupun beasiswa yak, cuma bahas dikit tentang kelengkapan dokumen dan tetek bengek yang harus kamu siapin kalo mau daftar S2.

Writer’s note : saya belum nyoba daftar berbagai macam beasiswa dan universitas, sejauh ini cuma daftar di 2 universitas, 1 di Jepang (Keio University) dan 1 di Indonesia (ITB).




1.       Ijazah S1
Yah sekedar membuktikan kalo kamu udah berhak daftar S2, syukur-syukur ada tulisan “Lulus dengan nilai memuaskan” alias Cum Laude. Kalo kamu udah beres sidang tapi belum wisuda sementara deadline pengumpulan dokumen udah mepet kamu bisa minta surat keterangan lulus dari Tata Usaha universitas kamu. Tapi mungkin ga semua universitas dan penyedia beasiswa nerima, jadi mending kamu tanyain dulu ke mereka. 

2.       Transkrip
List kuliah-kuliah yang pernah kamu ambil plus nilai n indeks prestasi kamu. Kalo mau daftar di universitas di indonesia mendingan siapin transkrip bahasa indonesia, ga perlu gaya-gayaan pake transkrip bahasa inggris. Kalo kamu mau daftar di universitas luar negeri baru kamu siapin transkrip bahasa inggris.

3.       Statement of Purpose
Statement of purpose atau biasa saya sebut esai biar gampang, sejauh yang saya tau, esai disini ada2 jenis yaitu fokus kualitas personal kamu dan fokus kualitas penelitian kamu. Kalo fokus di kualitas personal itu semacam kamu memperkenalkan dan mempromosikan diri kamu sendiri, biar pihak universitas yang kamu tuju tau calon mahasiswa seperti apakah kamu dan bersedia menerima kamu *kok kayak lamaran yak. Biasanya berisi pendidikan s1 kamu gimana, prestasi selama kuliah gimana, udah pernah ngerjain apa aja, pernah ikutan organisasi apa, tujuan kamu s2 apa, pengen penelitian tentang apa, alasan kenapa milih universitas tersebut.

Nah kalo fokus di kualitas penelitian lebih spesifik ke penelitian yang mau kamu lakukan di universitas tujuan kamu, standar aja sih latar belakang, tujuan, mau ngerjain apa. Biasanya perlu ditulis juga kamu udah pernah penelitian tentang apa, udah punya skill apa, terus gimana kamu menghubungkan penelitian lama kamu dengan penelitian yang mau kamu lakukan

Ada beberapa hal perlu diperhatikan kalo kamu mau nulis esai (dalam bahasa apapun), usahakan jangan lebih dari 1 halaman, mentok 1.5 halaman deh soalnya yang baca esai kamu itu juga harus baca ratusan esai lain yang setipe jadi kalo kamu esainya kepanjangan bisa males duluan mereka. Selain itu pastikan kamu lakukan proof read (bener ini bukan sih istilahnya ?), setelah selesai nulis tinggal dulu barang 2 hari terus kamu baca lagi, biasanya akan ketemu kekurangan-kekurangan dari tulisan kamu, atau bisa juga kamu minta temen kamu buat baca tulisan kamu, minimal 2 orang deh dan kalau bisa yang bisa diajak diskusi gimana benernya

4.       Proposal Penelitian
Kalo proposal penelitian ini lebih terstruktur dan lengkap daripada esai. Sebenernya sama aja sama proposal skripsi, tapi harus bisa sesingkat dan sepadat mungkin (alasan yang sama dengan esai yang ga boleh panjang-panjang). Satu contoh nih, kalo apply di beasiswa MEXT, kamu udah dikasi format penulisan proposal penelitian yang isinya field of study dan study program. Field of Study isinya tentang kuliah dan penelitian kamu selama S1, kalo Study Program itu rencana penelitian kamu selama S2, isinya dibagi lagi jadi 5 yaitu Tema, latar belakang, tujuan, batasan dan metode. Saya ga tau gimana format untuk universitas dan beasiswa lain, tapi mungkin ga beda jauh dari formatnya MEXT.

Oya, seperti biasa jangan lupa untuk proof read dan edit ulang.


Nah, karena tulisannya kepanjangan jadi saya bagi jadi 2 post

0 yang komentar: