Senin, 03 Juni 2013

Electrical Engineering Day 2013 (part 3)



Di post sebelumnya saya udah nambahin review 5 buah karya di EE Day 2013, sekarang saya mau review 5 karya lainnya. (intro coppas dari post sebelumnya)

Writer’s note : ga semua karya saya post disini karena emang ga semua stand saya datengin, selain karena ini berdasarkan pemahaman dan pandangan subjektif jadi tolong kasi tau saya kalo ada yang salah, termasuk nama bener topik TA nya dan anggota timnya.

1.   Sistem Monitoring rumah kaca aeroponik. Sistem ini mengukur beberapa parameter yang penting untuk pertumbuhan tanaman, yaitu suhu, kelembaban dan tingkat cahaya.Data yang diperoleh akan dikumpulkan, diolah dan dikirimkan ke gadget pemilik rumah kaca tersebut, sehingga pemilik rumah kaca bisa memonitor kondisi rumah kaca miliknya tanpa harus berada ditempat. Sistem ini juga memiliki fitur tambahan yaitu sensor yang bisa mengetahui kondisi tanah misalnya kelembaban dan keasaman tanah dan sistem penyiraman tanaman otomatis

Jangan lihat 3 orang itu, cukup lihat pipa, ember dan kotak kaca dibelakang mereka

2.   Lumen assistif robot. Menggunakan platform robot NAO untuk membuat sebuah robot yang bisa berinteraksi dengan manusia. Yang saya tau Lumen ini memiliki minimal 2 fitur, yaitu melakukan beberapa gerakan dan berpose (berjalan, menendang, mengangkat kedua tangan) dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh user.

 Lumen berpose

3.     Robot pemain bola. Robot ini adalah robot yang diikutsertakan dalam kontes robot cerdas indonesia, tepatnya robot pemain sepakbola. Sebagai pemain sepak bola robot ini bisa melihat dimana posisi gawang, bola (dan rekan tim kalo ada), kemudian bergerak mendekati bola dan menendang bola tersebut ke arah gawang, dilanjutkan dengan pose kemenangan Bisa bereaksi pada pola warna yang di. Oh iya robot ini dibuat sendiri oleh tim TA yang bersangkutan
 Seperti ini tampilan robotnya

4.     Absen kuliah dengan sidik jari. Sistem yang akan dikutuk para mahasiswa pecinta titip absen. Konsep dasarnya seperti database kuliah pada umumnya bedanya database ini ga hanya terdiri dari nama dan nim tapi juga sidik jari mahasiswa. Saat mau mendaftar kuliah kamu harus login dengan sidik jari kamu kemudian untuk absen kuliah kamu juga cukup menempelkan jari ke pemindai. 

  
Tampilan programnya
5.    Robosoccer. Ini TA yang seharusnya ga perlu maju sidang. Tim ini melatih dan menyusun strategi sebuah tim bola yang terdiri dari 5 buah robot kotak unyu. Menggunakan kamera yang terpasang diatas lapangan bisa diketahui posisi tim, lawan, gawang dan bola. Data tersebut dikirim ke komputer untuk diolah, kemudian komputer akan memberi perintah pada masing-masing robot untuk bergerak membawa bola ke gawang lawan. Nah, untuk tahun ini ada 2 tim yang ngerjain robosoccer ini, tim S2 dan tim S1. Jadi tau lah ya kenapa harusnya topik TA ini ga perlu di sidangkan.

S1 (merah) vs S2 (putih)

Nah sudah ada tambahan 5 review lagi, posting berikutnya akan membahas 5 karya lain.


Untuk part 1 bisa diliat disini
Untuk part 2 bisa diliat disini
Untuk part 4 bisa diliat disini
Untuk part 5 bisa diliat disini 

1 yang komentar:

空キセノ mengatakan...

Nggak ada yang bikin Gundam.

:(