Kamis, 05 September 2013

30 Hari Mengejar Keio part 9 : Dokumen


Ada satu lagi yang menyesatkan dari judul saga 30 Hari Mengejar Keio, dari sekian panjang saga saya belum membahas secara spesifik pendaftaran ke Keio University. Yah karena di post sebelumnya saya sudah membahas timeline, sekarang saya bahas proses dan dokumen-dokumen yang dibutuhin.

Jadi sepert yang udah saya bahas di post pertama, saya nyari informasi tentang kelas international di Keio secara umum disini. Nah terus kalo kamu mau donlod dokumen pendaftaran Keio IGP kamu bisa donlod dari sini . Untuk saat ini dokumennya belum di-update, jadi kalo kamu donlod sekarang kamu bakal dapet dokumen yang sama dengan yang saya pake setaun yang lalu. 

Dokumen yang kamu donlod itu akan berisi beberapa (banyak) lembar yang harus kamu isi selengkap-lengkapnya. Ohiya ntar dokumen-dokumen itu harus dibagi jadi 2 berdasarkan pengirimnya, yaitu dokumen yang dikirim sama kamu (pendaftar) n dokumen yang dikirim sama universitas kamu (home institution).

Dokumen yang harus kamu kirim sendiri adalah
  • Application Document Checklist : list dokumen-dokumen yang harus kamu lengkapin
  • Application Form : formulir pendaftaran, disini kamu ngisi tentang data diri, pengalaman akademik dan organisasi, nama calon dosen pembimbing dan alasannya (disini nih pentingnya korespondensi sama dosen), nilai-nilai dan IPK, kemampuan bahasa jepang (subjektif)
  • Financial Statement : Kondisi keuangan kamu, jawab aja sejujurnya n jangan lupa diubah ke mata uang yen. Terus disini akan ditanya kamu kalo misalnya ga dapet beasiswa kamu bakal tetep daftar atau ngga, kalo saya jawab tetep daftar (yang penting keterima dulu, beasiswa belakangan)
  • Statement of Purpose : Esai ini udah saya bahas di post sebelumnya
  • 2 Letters of Recommendation: Surat rekomendasi dari 2 orang, bisa dosen pembimbing, dosen wali, atasan/coordinator di tempat kerja. Surat rekomendasi ini harus dimasukkan ke amplop yang tersegel. 
  • MEXT Scholarship Application Form : Formulir untuk minta beasiswa ke MEXT (ini nih poin plusnya) 
  • ADB Scholarship Application Form : Formulir untuk minta beasiswa ke ADB
Nah dokumen-dokumen diatas harus kamu masukin ke 1 amplop tersegel terus kirim via EMS, nah dokumen dibawah ini juga harus kamu urus sendiri tapi ga harus pake EMS
  • Application Fee : uang pendaftaran sebesar 10000 yen, boleh dikirim via wesel atau transfer  via bank (jangan pake *CA pokoknya, kena charge sampe 600rb sendiri untuk transfer uang, kayaknya malah lebih murah kalo pake wesel)
  • GRE Score : kamu harus request ke ETS untuk ngirim nilai GRE kamu ke Keio, tapi kalo ternyata belum sampai juga ke Keio kamu boleh ngirim hasil scan nya via e-mail
  • TOEFL Score : kamu harus request ke ETS untuk ngirim nilai TOEFL kamu ke Keio, tapi kalo ternyata belum sampai juga ke Keio kamu boleh ngirim hasil scan nya via e-mail
Sekarang dokumen yang harus dikirim oleh Home Institution kamu
  • Transcript Request Form for Undergraduate Course. Ini dokumen yang agak ngerepotin sih soalnya kamu harus tau ranking kamu diantara temen-temen seangkatan kamu (demi hal ini saya harus minta list nilai wisudawan ke TU dan jadi tau hal tabu di angkatan saya, yaitu IPK >:) ), terus minta tanda tangan Kaprodi
  • Academic Transcripts of Undergraduate Course : transkrip kuliah
  • Certificate of (expected) Graduation from University : Ijazah S1
Nah kamu harus minta universitas kamu ngirim dokumen-dokumen diatas dalam 1 amplop tersegel, tapi masalahnya adalah universitas saya ga mau kalo diminta kayak ginian, jadilah saya yang ngirim tapi dengan amplop dari TU (ada nama universitas dan cap nya). Jadi saya ngirim 2 dokumen ke alamat yang sama di hari yang sama tapi dengan nama yang berbeda. Sebenernya kaya gitu boleh ga sih ? Ga tau juga, makanya demi menghindari masalah saya langsung konfirmasi ke Keio kalo saya yang ngirim dokumen yang seharusnya dikirim universitas.

Setelah semua dokumen dikirim tinggal nunggu kabar dari Keio. Ohiya karena sampe sekarang belum ada formulir untuk taun 2014 ada baiknya kalo kamu nanya langsung ke Keio (via e-mail ke ao_st_inquiry@info.keio.ac.jp), apakah IGP 2014 buka pendaftaran.

2 yang komentar:

ifat mengatakan...

Terima kasih banyak untuk Keio Saga-nya.
Kebetulan saya akan mendaftar untuk S1 Keio akhir tahun ini.
Doakan saya berhasil :)

Anonim mengatakan...

Halo, Kak. Terima kasih atas info2nya. Boleh saya minta e-mailnya? Karena ada beberapa pertanyaan yg saya ingin tanyakan langsung mengenai universitas Keio. Terima kasih :)