Selasa, 03 September 2013

30 Hari Mengejar Keio Part 7 : Field of Study, Study Program, dan Abstract of Thesis.


Di post kali ini saya akan membahas kelengkapan beasiswa yang paling ilmiah yaitu Field of Study, Study Program, n Abstract of Thesis. 

Writer’s Note : seperti biasanya karena post nya bakalan panjang jadi akan saya bagi jadi beberapa post dan maklum aja ya kalo ada curhat-curhatnya dikit.
 
1.       Field of Study
Mulai dari Field of Study dulu, kalo perintah dari penyedia beasiswa sih “State the outline of your major field of study” atau kalo mau lebih mudah ini adalah rangkuman perjuangan kamu selama kuliah, isinya kira-kira kamu kuliah di universitas apa, jurusan yang kamu ambil, bidang yang kamu sukai dan tekuni, riset yang udah pernah kamu lakukan, karya yang udah pernah kamu buat, terus  topik skripsi atau tugas akhir kamu.

2.       Study Program in Japan in Details and Concreteness
Kalo yang ini dari pihak penyedia beasiswa cuma nyebutin “State the details of your study program” tapi biar gampang isinya adalah rencana atau topik penelitian selama sekolah di jepang. Walaupun kamu diminta untuk menulis secara detil, ga ada format khusus yang diberikan oleh mereka, jadi kamu bisa bebas menuliskan study program kamu. Untuk mempermudah penulisannya saya memecah study program menjadi 5 bagian yaitu background, purpose, scope, methods, n further development. Yah mirip-mirip bab 1 tugas akhir gitu. 

  1. Background atau latar belakang. Alasan kenapa kamu ngambil topik yang kamu ajukan 
  2. Purpose atau tujuan. Tujuan yang mau kamu capai dari riset yang akan kamu lakukan 
  3.  Scope atau batasan masalah. supaya riset kamu ga meluber kemana-mana. Disini harus disebutin secara jelas batas penelitiannya. 
  4.  Methods atau metode penelitian. Langkah-langkah yang akan kamu lakukan untuk menyelesaikan riset kamu. 
  5.  Further Development atau pengembangan lebih lanjut. Kemungkinan pengembangan hasil riset kamu setelah kamu selesai melakukan riset.

3.       Abstract of Thesis
Ini nih yang agak membingungkan, dalam bahasa Inggris tugas akhir mahasiswa itu namanya thesis, ga peduli itu mau mahasiswa S1 atau S2 namanya tetep thesis. Yang bedain itu kata awalnya Bachelor Thesis untuk Skripsi (S1) n Master Thesis untuk Tesis (S2). Nah, disini ditulisnya Abstract of Thesis, jadi yang diminta Bachelor thesis apa Master thesis ? ga disebutin secara spesifik asbrak buat apa jadi saya kasi aja (rencana) abstrak tesis master.  

Nah diatas udah saya bahas sedikit tentang Field of Study, Study Program, n Abstract of Thesis. Tips dari saya untuk nulis Field of Study, Study Program, n Abstract of Thesis sebenernya sama aja kaya tips untuk nulis statement of purpose sih, Jangan terlalu panjang, gunakan bahasa yang sophisticated, perhatikan grammar, proof read, dst. Cuma bedanya sekarang kamu harus bisa menjelaskan secara lebih detail, lebih teknis, dan lebih mungkin dicapai (jangan terlalu mengawang-awang).

Dan karena saya bukan orang yang rajin, saya coppas aja paragraf yang menceritakan pendidikan n pengalaman dari Statement of Purpose ke Field of Study terus saya edit biar jadi lebih panjang n lengkap. Untuk Study Program juga gitu, Abstract of (Master) Thesis yang udah saya tulis sebelumnya, saya bagi menjadi 5 bagian yang sesuai dengan kerangka Study Program terus edit sesuai kebutuhan.  


0 yang komentar: