Minggu, 13 Maret 2011

It Is Not a Batik, It Is a Mess

Hari ini gw ikutan Ganesha Membatik dan gw ga tau bahasa inggrisnya batik.

Apakah Ganesha Membatik itu ? Seperti biasa gw jawab sebatas pengetahuan gw aja, Ganesha Membatik tuh salah satu dari rangkaian acara Tanggap Warso PSTK ITB yang ke 40 (CMIIW), dan gw lupa acara selain Ganesha Membatik itu apa aja. Sesuai namanya kegiatan utamanya adalah membatik, tepatnya batik tulis. Ada sekitar 100 trainer dengan 700 peserta (sekali lagi CMIIW) membatik bersama di tempat parkir Labtek 5 dan 8 ITB.

Sebenernya gw daftar sebagai trainer tapi karena suatu hal gw ga bisa ikut TFT dan akhirnya gw tukeran posisi ama teman gw yang mau jadi trainer tapi keabisan tempat. Jadilah gw batal dapat serifikat trainer membatik, tapi ga masalah si sebenernya, paling ga gw ada excuse buat hasil karya gw yang ga karuan. “Gw kan peserta, masi cupu gitu, beda sama trainer-trainernya.” Fufufufufu

Gw kagum sama GM. Bisa-bisanya gw dateng hampir tepat waktu di acara yang diadain pagi-pagi, gw kuliah jam 7 biasa dateng jam stenga 8, kuliah jam 9 biasa telat 10 menitan. Segera daftar ulang, dapet tempat, tapi ga langsung ke tempatnya malah ngobrol-ngobrol sama temen dulu. Baru setenga 9 nyari tempat yang seharusnya. Ternyata eh ternyata disana udah ada 2 orang yang lagi bikin pola dan seorang trainer yang kaget karena gw baru dateng setelah setenga jam. Hehehe belum tau dia >:).

Btw, ternyata trainernya itu adik kelas gw di SMANTI, kita beda 2 taun. Awalnya sama-sama ga kenal si, tapi gw lagi make jaket IKASMARIAGITMA, jadi aja dia tau. Sempet ditanyain kok ga pernah ikut kumpul alumni smanti, dan gw jawab pernah ikut kumpul tapi buat foto bareng aja hehehehe. *maafkanlah kakakmu ini. Ga selang lama tiba-tiba dateng mahasiswi yang mau ngeliput acara GM, ternyata eh ternyata lagi dia juga adik kelas gw di SMANTI, selisih setaun. Biar ga bingung, kita sebut trainer sebagai adik kelas A dan peliput sebagai adik kelas B.

Dengan alasan males kenalan-kenalan lagi, akhirnya si adik kelas B memutuskan untuk mewawancarai gw sebagai peserta dan adik kelas A sebagai trainer. Yah lumayan, akhirnya gw pernah diwawancarai walaupun Cuma sekitar 5 pertanyaan huhuhuhu.

Lanjut nge-batiknya yang ternyata luar biasa susah. Bikin pola si biasa aja, tapi proses canting mencanting ini cukup menyiksa ternyata. Pantesan batik digunakan sebagai sarana bertobat ratu dan putri pas jaman kerajaan jawa dulu.

Yah, batik ngaco diatas adalah karya gw. Awal gw ngerjain tuh, pola dipinggirnya gitu. Itu masi gampang. Pinggiran beres, bingung tengahnya mau dikasi apa. Mau kupu-kupu rasanya so gay, mau sayap gw ga bisa gambarnya, akhirnya gw milih gambar pisau. Ga ada alasan khusus sih, tapi menurut gw gambar pisau yang diberi corak lebih gampang aja.

Yah seperti gw sebutin diatas, mencanting adalah proses paling menyiksa, banyak banget tetesan lilin ditempat yang salah, hasilnya adalah batik yang menyerupai wajah gw. Ganteng tapi banyak titik-titiknya.

Sebenernya Cuma punya gw kok yang ga beres, batik batik karya pesera lain keren-keren. Dan sialnya gw lagi ga bawa kamera buat motret batik batik itu T-T.


0 yang komentar: