Kamis, 17 Maret 2011

7th Week : Robot

Setelah sekian lama ga update Project52Week gw, akhirnya gw ada niat buat update. Gw udah telat 2 minggu (harap baca telat 2 minggu dengan nada kasual, bukan dengan nada memelas) dan gw semakin yakin kalo proyek gw ini bakalan terbengkalai.

Yah semoga aja proyek ini baru terbengkalai di minggu ke 53.

Oke, lanjut aja kalo gitu. Tema minggu ke 7 adalah Robot. Apa itu robot ? seperti biasa, mari kita tanyakan pada wikipedia Indonesia. “Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.”

Sebenernya foto-foto ini gw ambil diluar minggu ke 7, tapi gpp lah ya >:). Langsung aja, cekidot

Adelio di Gerbang Depan ITB. Robot yang dibuat untuk mengikuti KRCI Battle 2011 dan sejauh yang gw tau udah bisa jalan, nendang n ngenalin bola. Cuma cropping n pengaturan posisi aja.

Hexapod buatan seorang alumni elektro (dia bikin ini pas masi kuliah). Sama seperti robot diatas, robot ini dibuat untuk mengikuti KRCI 2009 atau 2010 *gw lupa. Foto ini gw ambil waktu OHU ITB 2010. Cropping n efek blur supaya lebih dramatis.

Pasangan robot ini dibuat untuk mengikuti KRI, lagi-lagi gw lupa taun berapa. Foto ini juga gw ambil pas OHU ITB 2010. Ga ada editan apa-apa, fresh from the camera.

Robot Line Follower bernama Accidia. Dibuat untuk mengikuti lomba line-follower yang diadain UGM (Technocorner 2010). Desain bagus, komponen lengkap, codingan jadi, tapi sukses ga bisa jalan hehehe. Cuma sedikit pengaturan warna.

Yap, sekian aja buat proyek 52week. Mungkin besok akan langsung gw sambung dengan proyek minggu ke 8.

0 yang komentar: