Jumat, 30 Agustus 2013

30 Hari Mengejar Keio Part 6a : International ID (Paspor)



Melanjutkan saga 30 Hari Mengejar Keio lagi. Kali ini saya mau membahas tentang pembuatan paspor (serapan dari passport). Sebenernya udah lama juga sih saya bikin paspor, sekitar setengah taun yang lalu jadi mungkin ada beberapa detil yang terlewat, terutama kelengkapan yang harus dibawa. Jadi saya buka lagi blog ini sebagai referensi  

Bikin paspor itu gampang dan ga ngrepotin. Kamu ga perlu ngurus paspor di kantor imigrasi di kota asal kamu, kalo misalnya kamu lagi sekolah/kuliah/kerja di kota lain kamu tetep bisa kok ngurus paspor di kantor imigrasi di kota tersebut. Contohnya ya saya, KTP Malang tapi waktu itu masih kuliah di Bandung jadi ya ngurus paspornya di Kantor Imigrasi Kota Bandung, di jalan Suci entah nomer berapa. Kalau dari arah Surapati, lokasinya di kanan jalan setelah pom bensin.

Selain itu bikin paspor itu juga ga lama, kira-kira cuma selisih seminggu dari kamu dateng ke kantor imigrasi buat ngumpulin dokumen sampe kamu dateng lagi buat ngambil paspornya, tapi ya itu saya harus bolak-balik 3 kali kosan-kantor imigrasi. Yang bikin males adalah saya harus berangkat pagi-pagi, kalo ga dateng pagi bisa dapet antrian belakang dan nunggunya jadi lebih lama, padahal saya ada kuliah pagi jadi harus bolos *sok-sokan ga suka bolos.

Hari Pertama (Selasa entah tanggal berapa)
Hari untuk mengumpulkan formulir permohonan paspor dan kelengkapan dokumen. Dokumen yang perlu kamu persiapkan untuk mengurus paspor adalah

  1.  KTP. Bawa yang asli dan fotokopian. Fotokopi sekali aja dan JANGAN DIPOTONG, biarkan tetep dalam 1 lembar kertas ukuran (anggaplah) A4. Soalnya kalo dipotong ga bakal diterima dan kamu harus fotokopi lagi (ada fotokopian di kantor sih, tapi mahal) 
  2.  Kartu keluarga. Bisa bawa yang fotopian (dilegalisir dulu di kelurahan), tapi waktu itu saya bawa yang asli 
  3.  Ijazah atau Akta Kelahiran atau Surat Nikah. Cukup bawa salah satu aja, terus boleh bawa yang fotopian, tapi waktu itu saya bawa Ijazah n Akta Kelahiran yang asli. 
  4.  Surat keterangan kerja/rekomendasi. Surat ini hanya dibutuhkan kalo kamu adalah pegawai dan pergi keluar negeri dengan tujuan kerja, kalo kamu masih kuliah atau tujuannya libur ya ga perlu bawa. 
  5.  Formulir permohonan paspor. Bisa kamu ambil di dalam kantor. Usahain jangan ada coretan disana. Ohiya di formulir bakal ditanyain mau paspor yang berapa halaman, minta aja yang 48 halaman, anggap saja doa biar bisa sering keluar negeri.
  6. Materai 6.000. Beli aja 1 lembar di fotokopian dekat rumah/kosan seharga Rp 6.000 - Rp 7.000 
  7. Map Kuning + Sampul Buku Paspor. Bisa kamu beli seharga Rp 10.000 di Kantor Imigrasi, kalo ga salah ada di bagian samping gedung, sebelum parkiran motor.
Dateng pagi-pagi, ambil antrian, beli map, fotokopi ktp kalo belum, isi formulir, tunggu antrian kamu dipanggil. Kasih semua kelengkapan itu untuk di cek petugasnya, setelah itu kamu dapet semacam bukti untuk dibawa lagi di kunjungan berikutnya ke kantor imigrasi

Hari Kedua (Jumat entah tanggal berapa)
Hari untuk membayar tagihan, foto dan wawancara. Yang perlu kamu bawa adalah bukti yang udah kamu dapet di hari pertama, uang sebesar Rp 255.000 dan jawaban untuk pertanyaan wawancara. Prosesnya masih sama sih, ambil antrian dan tunggu dipanggil. Bayar tagihannya, terus ngantri lagi untuk foto. Jangan lupa pake baju yang rapi n dandan sedikit (rapiin rambut). Terus antri lagi untuk wawancara, pertanyaan buat wawancaranya sederhana banget sih, kira-kira gini

“Mau kemana ?”
“Jepang pak”
“Mau apa disana ?”
“Kuliah pak”
“Oke, sekarang kamu cek di data ini ada yang salah apa ngga”
“. . . . rrrr, saya laki-laki pak”

Begitulah

Hari Ketiga (Selasa minggu depannya, masih entah tanggal berapa)
Hari untuk mengambil paspor. Yang perlu kamu bawa ya cuma bukti pembayaran yang udah dikasi sebelumnya. Ambil antrian ga ? lupa sih, tapi kayaknya ngambil deh. Cuma bentar juga kok, saya masi sempet ikut kuliah pagi.

Ohiya kamu bisa menghemat satu kali dateng ke kantor imigrasi dengan cara mengisi formulir permohonan paspor secara online (metode ini saya belum nyoba sih, tapi kata mas-mas di kantor imigrasi bisa via online). Untuk pengalaman ngurus paspor secara online bisa kamu lihat disini

1 yang komentar:

Anonim mengatakan...

Iya, gampangan online... 2 hari doank, tp brkt antri tetep dari pagi

btw, KK kalo yg ftkp harus dilegalisir (lurah, bukan kampus)

trus SKK itu kalo ke luar negeri urusan kerja aja, jd buat liburan ga perlu (bisa ngegantiin ijazah/akta lahir), CMIIW