Kamis, 19 September 2013

Finding Embassy

Sebenarnya jadwal hari ini adalah Entrance Ceremony – Self Report - Farewell and Welcome Party. Entrance Ceremony di Mita Campus lalu Self Report (Lapor Diri) di Indonesia Embassy, keduanya ada di Tokyo, lalu terakhir Farewell and Welcome Party di Hiyoshi International House. Yah semua kegiatan itu menarik sih, tapi mungkin yang paling bisa saya ceritakan adalah Self Report ke Indonesia Embassy.

 “Kenapa ?”
 “Karena saya bisa menemukan Indonesia Embassy sendiri, tanpa perlu ditemani orang yang sudah pernah kesana” *bangga.
“Yah tetep bawa peta sih” *kebanggaan turun.
“Yah tetep nanya ke orang sih” *kebanggaan makin turun.
“Dan iya, saya sempet nyasar. Puas ?” *jongkok di pojokan 

Jadi ceritanya gini, ada senior yang menyarankan mendingan segera lapor ke Embassy, daripada ga diakuin sebagai WNI di Jepang, yowes mumpung Entrance Ceremony diadain di Tokyo dan Indonesia Embassy juga ada di Tokyo juga sekalian aja lapor diri Embassy. Mula-mula googling jalur dari Mita Campus ke Indonesia Embassy, dan jalurnya adalah naik kereta dari Mita Station ke Gotanda Station terus jalan kaki. Naik kereta gampang (*tsaaaah sekarang aja bilang gampang), beli tiket, masuk kerete di Mita St terus turun di Gotanda St, nah pas udah keluar Gotanda Station muncul sebuah pertanyaan besar 

“Habis ini kearah mana ya ?”

Untuk mempermudah ilustrasi, saya kasi petanya daerah sekitar Gotanda Station (Gotanda St)


Nah ini rute jalan kaki dari Gotanda St ke Indonesia Embassy

 
 Gampang kan ? ternyata tidak untuk saya. Keluar dari Gotanda St bingung arah, asal jalan dulu aja siapa tau bener, terus ketemu jembatan diatas sungai, bingung dan akhirnya buka peta lagi, ga yakin, akhirnya jalan balik ke arah Gotanda St, lalu muncul pertanyaan besar lainnya

“Ini arah utara mana sih ?”

Dan untung saja matahari memberi hint, yaitu bayangan. Ok, fix salah arah, mari berjalan ke utara. Jalan beberapa puluh meter ketemu jalan besar, terus belok kanan menyusuri  jalan besar tersebut. Setelah jalan mungkin sekitar 20 taun, muncul lagi pertanyaan besar

“Ini embassy nya mana sih ? kok ga keliatan juga”

Belum patah semangat jalan lurus terus sampe capek dan makin bingung, akhirnya nanya ke bapak-bapak berseragam yang entah ngerjain apa. Nanya pake bahasa jepang sederhana n nunjukin peta. Si Bapak ngomong panjang lebar sambil nunjuk-nunjuk jalan di peta, saya cengok, si Bapak menyerah, akhirnya beliau cuma bilang

“Gotanda Eki, Police Box” yang artinya Dilarang merokok

Wats ? balik lagi ? manut wes pak, nuhun. Sayapun balik arah ke Gotanda St, sampai di Police Box (Pos Polisi) saya mengulangi pertanyaan yang sama, Pak Polisi menjelaskan, saya cengok, Pak Polisi menunjukkan peta besar daerah sekitar Gotanda St, akhirnya saya mengerti salahnya dimana n gimana cara kembali ke jalan yang benar. Btw, saya ga tega buat menjelaskan saya salah dimana, mending liat sendiri di peta ini


Kesalahan udah dikoreksi dan saya sudah bertobat, akhirnya saya berhasil menemukan Indonesia Embassy untuk lapor diri. Tentu saja semua prosedur di Embassy berjalan lancar setelah menerima wejangan yang sangat bermanfaat bagi seluruh WNI di luar Indonesia sana.
“Kalo mau dateng, bikin janji dulu ya”

0 yang komentar: