Minggu, 24 Februari 2013

NATAMORTA by DKV ITB (part 1)


Udah lama banget ga nulis nih, sekarang mumpung udah bisa bernapas agak lega mari kita menulis lagi. Eh ngga ding bukan karena udah ga sibuk lagi, tapi karena udah ada hasrat nulis lagi. Sebelumnya udah beberapa kali mau nulis lagi, topik udah ada, laptop udah ada, koneksi udah ada, tapi males menyerang dan saya kalah, jadi ya akhirnya cerita-cerita itu terkubur begitu saja.
 
Okeh, sebelum hasrat menulis hilang langsung aja ke topik kali ini. NATAMORTA
Natamorta ya, bukan narotama

Apakah NATAMORTA itu ? gampangnya natamorta itu acara 2 tahunannya DKV yang isinya pameran karya dari mahasiswa mahasiswi DKV ITB ditambah karya-karya delegasi dari selain DKV ITB. Tema pameran DKV kali ini tentang Hidup/kelahiran/birth/ Natal dan Mati/Akhir/death/mortal, jadi jelas lah ya nama natamorta itu darimana (saya baru ngeh setelah ada temen yang nebak temanya pas saya kasi tau ada pameran ini *bego)

Nah, acaranya itu dari tangga 21-23 Februari 2013 dan saya baru bisa dateng hari terakhir karena males dan baru inget sibuk. Jam 1an nyampe braga yang belum terlalu rame dan macet, parkir dipinggir jalan, jalan kaki ke Gedung PGN Braga, isi buku tamu, dikasi tau kalo dapet majalah iCreate kalo ngemensyen @Natamorta, berminat tapi lupa kalo tas yang dibawa Cuma tas kamera yang seuprit, pulang dengan kecewa, nangis di pojokan, sekian terima kasih.

Oke garing, mari kembali bahas natamorta. Jadi pameran utamanya terdiri dari 6 segmen yang berurutan yaitu birth, juvenile, transisition, mature, experienced, dan end, terus kita bisa mulai dari segmen birth atau death, bebas antara kanan sama kiri. Kita mulai dari death aja ya, itu segmen pertama yang saya datengin. Kenapa ke segmen death dulu ? ga ada alasan khusus, nurut aja sama kaki yang melangkah, mungkin karena saya lebih tertarik pada kematian atau karena tadi ada segerombolan cewek di depan saya yang kearah sana. entahlah

Sesuai namanya death menggambarkan kematian dan kehidupan setelah kematian, akhir dari kehidupan, ada yang bilang kita kembali ke kehampaan, ada yang bilang kita akan melanjutkan hidup di dunia lain, ada yang bilang kita akan dilahirkan kembali. Beberapa karya yang keren menurut saya

 Buku Cerita bergambar tentang seorang penulis dan hantu-hantu yang (katanya) ada di Bandung
Keseimbangan, hidup mati, pertemuan perpisahan

Kalo cuma liat gambar ya bawah itu ada 2 orang cewek yang bergelung gitu

 di segmen ini walaupun temanya kematian tapi ga semua karyanya surem kok, ada yang colorful juga. 
Dan ya ada 1 karya yang ga saya foto karena menimbulkan feeling yang agak agak gimana gitu *baca : serem. 

Lanjut ke segmen berikutnya, experienced yang merujuk ke kaum manula yang sudah berpengalaman merasakan asam garam pahit manis kehidupan, sumber wejangan dan nasehat, tempat kita bertanya. Beberapa karya yang menarik. 

 Satu karya yang bermakna ganda tergantung bagaimana kamu ngeliatnya

 
Pake LED bray haha

Segini aja untuk post kali ini biar ga kepanjangan, 4 segmen selanjutnya dibahas di post berikutnya

0 yang komentar: